Bebek Peking

25 Oct 2009

1797208_085253025_2

Bebek Peking (bahasa Mandarin: ????, pinyin: beijing kaoya) adalah makanan tradisional di Tiongkok yang berasal dari Beijing.

Catatan mengenai asal usul hidangan bebek peking dapat terlihat jejaknya pada masa Dinasti Utara dan Selatan, ketika memasak bebek tertera dalam karya sastra. Beberapa ratus tahun kemudian, Husihui, seorang ahli masak untuk Kaisar Mongol pada masa Dinasti Yuan, menulis mengenai bebek panggang pada bukunya (A.D. 1330), bebek panggang adalah kenikmatan sebuah perjamuan.

Makanan bebek Peking ini juga ditemui di Taiwan, dibawa oleh pemerintahan nasionalis Kuomintang yang kalah perang saudara dan mundur ke Taiwan tahun 1949.

Bebek Peking orisinal (bebek Peking di Beijing) dibuat menggunakan daging bebek khusus diternakkan untuk makanan ini. Bebek-bebek digemukkan dengan cara memberikan makanan bergizi, pada saat bebek-bebek kekenyangan, peternak-peternak mungkin saja memasukkan makanan ke dalam kerongkongan sang bebek secara paksa. Ini yang kemudian menjadikan bebek Peking juga dikenal dengan nama bebek isi.

Bebek tadi disajikan setelah dipanggang dengan kayu-kayu bakar khusus yang akan menentukan wangi atau tidak bebek yang dipanggang tadi.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post